Aluminium

Aluminium adalah unsur kimia dengan lambang Al dan nomor atom 13. Aluminium merupakan jenis logam ringan yang jumlahnya sangat berlimpah. Diperkirakan, volumenya sekitar 8%  dari seluruh permukaan Bumi atau logam paling melimpah ke tiga di dunia.

Kelebihan Aluminium

Logam ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan logam lainnya. Beberapa kelebihan di antaranya adalah:

  • Walaupun tidak sebagus Tembaga, logam ini merupakan penghantar listrik dan panas yang baik. Oleh sebab itulah logam ini kerap dipakai pada kabel listrik menggantikan tembaga yang lebih mahal.
  • Warnanya stabil seolah-olah tidak berkarat seperti Stainless Steel. Hal ini dikarenakan logam ini dapat bereaksi sangat cepat dengan oksigen dan menghasilkan aluminium oksida yang tidak mudah terkelupas.
  • Permukaannya cukup bagus dan menarik sehingga tidak perlu dicat.
  • Serbuk aluminium yang sangat halus tampak mengkilat sering dicampur pada minyak cat menghasilkan cat metalik yang harganya relatif lebih mahal dibanding cat biasa. Cat-cat metalik kebanyakan digunakan pada barang-barang mewah. Dengan penambahan unsur Al, cat dapat memantulkan cahaya yang lebih banyak.
  • Tidak bereaksi dengan asam atau bahan kimia lain yang terdapat dalam bahan makanan. Oleh karena itu logam ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alat-alat rumah tangga misanya panci.  Kertas aluminium yang sangat tipis biasaya digunakan sebagai pembungkus rokok, gula, bumbu masak dan lain-lain.
  • Paduan 95% Al dengan 5% unsur lain seperti Cu, Mg, dan Mn dapat digunakan menggantikan fungsi besi walaupun tidak sekuat baja. Misalnya dalam pembuatan bingkai pintu dan jendela.

Sifat Mekanik

Al dikenal sebagai bahan yang tahan karat. Hal ini disebabkan oleh fenomena pasivasi. Yaitu proses pembentukan lapisan Al oksida di permukaan logam ini segera setelah terpapar udara bebas. Lapisan ini mencegah terjadinya oksidasi lebih jauh. Namun, pasivasi terjadi lebih lambat jika dipadukan dengan logam yang bersifat lebih katodik  karena dapat mencegah oksidasi aluminium. Konsentrasi bahan dan perlakuan yang diberikan terhadap bahan Al sangat berpengaruh terhadap sifat mekanik Al murni dan Al Paduan (alloy).

Kekerasan

Kekerasan bahan Al murni terbilang sangat kecil, yaitu sekitar 65 skala Brinnel. Oleh sebab itu bentuk logam ini dapat berubah dengan sedikit gaya saja. Untuk aplikasi yang membutuhkan kekerasan, logam ini perlu dipadukan dengan logam lain dan/atau diberi perlakuan termal atau fisik. Al dengan 4,4% Cu dan diperlakukan quenching, kemudian disimpan pada suhu tinggi bisa memiliki tingkat kekerasan sebesar 135 skala Brinnel.

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Aluminium