Stainless Steel 304

plat-stainless-steel-sus 201, sus 301, sus 316, sus 304, sus 316, sus 430, sus 310Sudah pernah mengenal Stainless Stel 304?
Lalu, bagaimana caranya membedakan antara stainless steel 304 dengan stainless steel yang lainnya?
Tenang, karena di sini semua akan dijelaskan satu persatu.
Stainless steel merupakan salah satu logam yang memiliki ketahanan cukup tinggi terhadap serangan korosi. Adanya film dengan kandungan kromium oksida alami pada permukaan baja yang membuat stainless steel bisa tahan terhadap serangan korosi.
Meski tipis, film ini sangat protektif dalam berbagai media korosif. Dengan adanya oksigen, film ini pun cepat memperbaiki diri. Meski sudah mengalami kerusakan akibat abrasi. Bagi anda yang masih awam, stainless steel memiliki istilah generik dalam keluarga paduan baja tahan korosi yang mengandung kromium 10,5% atau mungkin lebih.
Stainless Steel 304 merupakan material dengan mutu sangat baik sebagai peralatan rumah tangga ataupun peralatan industri makanan.
Hal inilah yang membuat Stainless Steel 304 menjadi material stainless yang paling serbaguna dan paling banyak digunakan. Anda pun pasti sudah sering menemukan berbagai jenis produk yang terbuat dari Stainless Steel 304.

Kenapa Stainless Steel 304 lebih baik dibanding yang lainnya?
Alasannya, karena bentuk dan hasil akhir dalam pengerjaan stainless steel 304 terkesan jauh lebih baik dan rapih dibanding stainless lainnya. Hal ini disebabkam karena stainless steel 304 memiliki karakteristik bentuk yang mudah saat dilas.
Oleh karena itu, penting bagi anda sebelum membuat produk stainless steel atau membeli produk stainless, pastikan berbahan stainless 304. Material stainless 304 sering digunakan oleh perusahaanperusaan besar tanah air, misalnya untuk food pan, grease trap, steamer, gas oven burner dan lain-lain.

Lalu, sudahkah anda bisa membedakan antara stainless steel 316, 304, 302?
Angka 316, 304 dan 302 menunjukkan simbol temperatur. Artinya ketahanan maksimum stainless stell tersebut, yaitu 316 deg C, 304 deg C dan 302 deg C. Stainless steel pada dasarnya digolongkan menjadi beberaa tipe. Ada tipe yang mudah melekat pada magnet, yaitu ferritic, martensitic dan duplex. Dan tipe yang tidak mudah melekat, yaitu austenitic.
Oleh karena itu, anda bisa menggunakan magnet untuk membedakan jenis stainless steel austenitic. Kenapa magnet? Karena magnet mampu memisahkan jenis austenitic stainless steel. Anda bisa membedakan austenitic (SUS201/ 304/ 316) dari tipe ferritic/martensitic (430, 410 dll).

Apakah stainless yang mudah menempel di magnet itu pasti jelek?
Tidak. Yang jarang orang ketahui, setiap jenis stainless punya fungsi masing masing. DUPLEX merupakan stainless stell tipe magnetis yang memiliki ketahanan korosi lebih kuat dibanding SUS304 dan SUS316.

Banyak orang beranggapan bahwa stainless yang mudah menempel pada magnet merupakan stainless jelek. Bahkan, cara ini pun sering digunakan oleh supplier nakal untuk menipu konsumen. Agar anda tidak kebingungan saat memilih stainless steel sesuai kebutuhan, berikut alat-alat yang bisa anda gunakan untuk membedakannya:

Pertama: Menggunakan XRF handheld analyzer.
Alat ini digunakan untuk membedakan semua jenis stainless atau besi alloy dengan akurat dan cepat.
Kunggulannya:

  • Sangat akurat dan cepat
  • Mudah digunakan
  • Alat bisa langsung menentukan grade stainless atau alloy besi

Kekurangan:

  • Harga mahal (USD 40,000 ++)
Posted in Artikel, Stainless Steel and tagged , .